Yusril : HTI Tidak Bertentangan dengan Pancasila

Image
Thursday, 11 May 2017 | 15:35:32 WIB 1112

Organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dibubarkan pemerintah lantaran dianggap bertentangan dengan ideologi negara, Pancasila. Kegiatan HTI terindikasi kuat bertentangan dengan tujuan, asas, dan ciri berdasarkan ideologi negara.

"Sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional," kata Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, dalam konferensi pers di kantornya, Senin (8/5/2017).

Pakar hukum pidana Yusril Ihza Mahendra mengatakan HTI dalam aktivitasnya tidak melakukan tindakan dan perbuatan SARA, separatis, penodaan agama dan bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

"Dalam Pasal 51 yaitu tidak boleh melakukan SARA, separatis, penodaan agama, dan melakukan tindakan yang melanggar hukum," kata Yusril, Rabu (10/5/2017).

Dikatakan Yusril, kalau lima poin ini tidak dilakukan oleh HTI.  Kalau itu harus dilakukan pemerintah harus melihat di UU Ormas Pasal 60 dimana pemerintah harus memberikan peringatan.

"Memang beberapa kegiatan yang menolak kegiatan HTI seperti Anshor. Tiba-tiba pemerintah membubarkan dan ini bertentangan dengan Pancasila. Bertentangan dengan Pancasila itu bila mereka atheis dan komunis," jelasnya. (rri)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Jakarta
Post
Riau
Post
Jakarta
Post
Internasional
Post
Riau
Post
Riau
Post
Nasional
Post
Jakarta
Post
Internasional
Post
Sulawesi Tenggara
Post
Gorontalo
Post
Internasional
Post
Jakarta
Post
Internasional
Post
Jateng
Post
Internasional
Post
Jawa Barat
Post
Kepulauan Riau