UIII Akan Jadi Penghubung Perkembangan Islam di Asia Tenggara

Image
Thursday, 11 May 2017 | 02:25:11 WIB 1098

Rencana pembangunan universitas Islam internasional Indonesia (UIII) di Indonesia, mendapatkan respons positif dari berbagai pihak, termasuk yang disampaikan cendikiawan muslim, Komaruddin Hidayat. 

Komaruddin Hidayat mengatakan keberadaan UIII akan menjadi pusat studi agama Islam yang dikhususkan bagi program pasca sarjana bagi mahasiswa dari dalam dan luar negeri.

“Jadi, nanti dosen dan mahasiswanya nanti datang dari berbagai negara dan tamu negara lain kita undang. Sehingga, bagaimana islam itu bisa dibicarakan di kalangan ilmuwan, budayawan,” ungkap Komaruddin Hidayat ketika ditemui usai menghadiri penandatanganan berita acara penyerahan barang milik negara (BMN) lahan seluas 143 hektare milik LPP RRI kepada Kementerian Agama di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Komaruddin menjelaskan pembelajaran di UIII sendiri akan lebih menitikberatkan pada ajaran Islam yang memiliki pesan perdamaian, memberikan kemanfaatan bagi orang lain, menghargai perbedaan, serta merupakan islam inklusif, dan secara khusus sebagai penghubung penyebaran Islam di kawasan Asia Tenggara.

“Dan ini sebagai hub (pintu masuk) bagi orang-orang kalau ingin mengenal Indonesia, kebudayaan, ingin tahu dunia pesantren serta ingin tahu dialog antar agama. Jadi, tempat ini nanti tidak hanya untuk kepentingan islam saja. Tapi, juga kehidupan beragama di Indonesia. Lebih lanjut mungkin mengenalkan islam di Asia Tenggara,” papar Komaruddin.  

Sementara, menurutnya, rencana pembangunan tahap awal akan dimulai akhir tahun 2017 untuk bangunan gedung rektorat, perpustakaan, masjid, dan pembangunan tiga dari 7 fakultas yakni fakultas politik, studi islam dan humaniora.

Komaruddin Hidayat menyatakan memberikan apresiasi besar atas penyerahan BMN lahan seluas 143 hektare milik LPP RRI kepada Kementerian Agama yang diperuntukkan bagi pembangunan UIII dan menurut rencana akan dibangun dalam waktu 5 tahun.

“Namun, satu hal yang harus diketahui masyarakat bahwa proyek pembangunan UIII merupakan proyek negara. Karena, keberadaannya akan menjadi pusat studi serta kebudayaan Islam di dalam peradaban dunia,” ujar Komaruddin Hidayat. (rri)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Jakarta
Post
Internasional
Post
Riau
Post
Riau
Post
Nasional
Post
Jakarta
Post
Internasional
Post
Sulawesi Tenggara
Post
Gorontalo
Post
Internasional
Post
Jakarta
Post
Internasional
Post
Jateng
Post
Internasional
Post
Jawa Barat
Post
Kepulauan Riau
Post
Internasional
Post
Jatim

Bupati Sampang Meninggal Dunia

7 bulan yang lalu 1106
Post
Aceh
Post
Internasional